PROFIL PEJABAT
PROFIL PNS
Arsip

Yearly Archives: 2010

JAYAPURA-PN Jypr. Pada hari Jum’at (16/09/2010) pukul 10.30 WIT, Pengadilan Negeri Jayapura menyelenggarakan acara Pelepasan Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri Jayapura, yaitu: Mohammad Zubaidi Rahmat, S.H., yang dimutasikan menjadi Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Jambi dan Lucky R. Kalalo, S.H., yang dimutasikan menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Air Madidi. Acara Pelepasan ini diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jayapura, yang diikuti oleh Ketua, Hakim, Pejabat Struktural, dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Jayapura, dan dengan didahului oleh penyampaian pesan dan kesan dari kedua hakim yang dimutasikan tersebut.

Untuk memulai penyampaian pesan dan kesannya, Mohammad Zubaidi Rahmat, S.H., menyatakan bahwa pada awalnya terkejut ketika dipindahkan ke Jayapura. Namun setelah dijalani, semua berjalan dengan lancar. Sedangkan Lucky R. Kalalo, S.H., menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan perpisahan ini. Dan berpesan kepada rekan hakim untuk bersabar dan tetap dapat menjalankan tugas di Pengadilan Negeri Jayapura.

Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Nyoman Dedy Triparsada, S.H., M.H., yang mewakili pimpinan menyampaikan selamat kepada Mohammad Zubaidi Rahmat, S.H. dan Lucky R. Kalalo, S.H. yang telah dimutasikan ke Pengadilan Negeri Balikpapan. Beliau juga menyatakan bahwa walaupun acara ini berlangsung sederhana, namun tidak mengurangi makna dari acara itu sendiri.

Selanjutnya pemberian cindera mata dari IKAHI oleh Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, pembacaan doa, serta diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Ketua, Hakim dan diikuti oleh seluruh pegawai yang hadir. (wtm)

JAYAPURA-PN Jypr. Berdasarkan Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung R.I. Nomor: 067/SEK/Peng.06.1/VIII/2010 tertanggal 24 Agustus 2010, maka Pengadilan Negeri Jayapura mengadakan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap pejabat struktural yang baru, yaitu Ludiana Somba sebagai Wakil Sekretaris Pengadilan Negeri Jayapura. Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis (23/09/2010), dan sebagai saksi adalah Dakris, S.H., (Wakil Panitera Pengadilan Negeri Jayapura) dan Dahlan, S.E., S.H. (Panitera Muda Perdata).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIT bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jayapura dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Hakim Tinggi, Panitera/Sekretaris dan Pejabat Struktural Pengadilan Tinggi Jayapura, serta Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera/Sekretaris dan para Pegawai Pengadilan Negeri Jayapura.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Nyoman Dedy Triparsada, S.H., M.H. Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Jayapura. Ketua menyampaikan bahwa posisi Wakil Sekretaris di Pengadilan Negeri Jayapura telah mengalami kekosongan selama beberapa bulan, sehingga dengan diangkatnya pejabat Wakil Sekretaris dapat mengisi jabatan yang kosong tersebut. Dengan hadirnya pejabat ini, maka bagian kesekretariatan akan lebih dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Apalagi untuk menyambut tahun anggaran 2011 mendatang, maka posisi Wakil Sekretaris sangat penting dalam pengelolaan keuangan yang tertuang di dalam DIPA. Apabila ada permasalahan yang ditemui, maka Wakil Sekretaris yang baru ini tidak segan untuk dapat bertanya dengan atasannya, baik Wakil Sekretaris Pengadilan Tinggi Jayapura maupun Panitera/Sekretaris Pengadilan Negeri Jayapura, begitu tambahnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah ini diakhiri dengan doa yang dibawakan oleh rohaniawan dan pemberian ucapan selamat bagi pejabat yang baru dilantik tersebut. (wtm)

JAYAPURA-PN Jypr. Di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pembentukan Perwakilan Ombudsman Papua di Jayapura, salah seorang anggota Ombudsman Republik Indonesia, Hj. Erna Sofwan Sjukrie, S.H., melakukan kunjungan singkat ke Pengadilan Negeri Jayapura pada hari Rabu (22/09/2010). Dan tepat pukul 12.00 WIT, beliau memberikan pemaparan tentang lembaga Ombudsman yang disampaikan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jayapura, di hadapan Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Struktural, dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Jayapura.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa Ombudsman merupakan lembaga pengawas eksternal yang melakukan pengawasan kinerja terhadap lembaga-lembaga negara, baik itu lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Sehingga peradilan, baik Hakim atau Panitera, Jaksa dan Polisi termasuk aparat-aparat hukum yang harus diawasi kinerjanya. Ombudsman melakukan pengawasan terhadap kinerja aparatur negara dan pemerintahan dan menjalankan tugasnya berdasarkan laporan dari masyarakat. Dari sejarahnya, Ombudsman R.I. didirikan sejak Presiden Gusdur beberapa tahun yang lalu. Lembaga ini terbentuk karena lemahnya pengawasan secara internal oleh instansi-instansi pemerintahan, sehingga fungsi pengawasan tidak optimal. Oleh karena itu, dikeluarkanlah gagasan untuk membentuk lembaga eksternal yang bernama Ombudsman. Dalam beberapa pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, Ombudsman dapat berperan menjadi mediasi, hingga pembayaran ganti rugi. Karena pihak-pihak yang bersengketa tidak ingin permasalahannya dibawa ke jalur hukum, karena prosesnya yang panjang dan berbelit-belit.

Menanggapi pertanyaan dari salah seorang Hakim, Ibu Erna memberikan tanggapan bahwa Ombudsman bekerja secara profesional, sehingga sebelum melakukan tindak lanjut terhadap laporan pengaduan dari masyarakat, Ombudsman akan terlebih dahulu menelaah dan mengklarifikasi laporan itu, baru kemudian menanyakan permasalahan yang dimaksud kepada pihak terlapor. Ombudsman bekerja secara terbuka dan non diskriminasi, dan setiap rekomendasi yang diberikan tidak akan dipublikasikan ke media massa. Oleh karena itu, jaminan untuk merahasiakan pihak-pihak, baik pelapor dan terlapor akan diberikan.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Nyoman Dedy Triparsada, S.H., M.H., memberikan pesan kepada seluruh Hakim dan Pegawai. Ketua menyampaikan bahwa pada bulan November 2010 direncanakan akan diresmikan Perwakilan Ombudsman Papua di Jayapura, sehingga mulai saat ini Ketua menghimbau kepada seluruh Hakim dan Pegawai untuk bekerja dan menjalankan tugasnya secara baik, dan tetap terus meningkatkan kinerjanya.

Pada penghujung pertemuannya, Ibu Erna menyampaikan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Negeri Jayapura yang memberikan kesempatan untuk menyampaikan paparan, dan berharap Ombudsman dapat melakukan kerjasama dengan lembaga peradilan, sehingga terwujudnya lembaga peradilan yang bersih dan transparan dapat diwujudkan. Semoga.! (wtm)

Profil hakim
Polling

Bagaimana menurut anda Proses peradilan di Pengadilan Negeri Jayapura?

View Results

Loading ... Loading ...
Statistik Pengunjung

Pengunjung hari ini: 14 Orang
Pengunjung kemarin: 50 Orang
Pengunjung bulan ini: 1330 Orang
Yang sedang Online: 2 Orang
Jumlah klik halaman: 280462 Kali
Total Pengunjung: 40748 Orang

Kalender
December 2014
M T W T F S S
« Oct    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031